Berita|

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum terus melakukan kegiatan Penguatan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan yang bertujuan agar Ormas-Ormas dapat melakukan aktivitas secara mandiri, professional, dan akuntabel. Pemerintah terus mendorong terwujudnya Ormas yang sehat dengan mengadakan dialog Pemerintah dengan Ormas di Kota Raha Kabupaten Muna pada Sabtu (21/4/2018).

Dalam kegiatan ini, Dirjen Polpum melalui Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Drs La Ode Ahmad M.Si, mengatakan bahwa seandainya Ormas diibaratkan sebuah infrastruktur, maka dalam usaha pembangunan bangsa (nation building), Ormas memiliki fungsi yang sangat vital dalam menggerakkan berbagai hal dalam suatu Negara. Untuk menunjang hal ini, Pemerintah merasa perlu melakukan dialog terutama berkaitan dengan isu-isu strategis bidang keormasan agar Pemerintah bisa mendapatkan berbagai masukan dan informasi baik di daerah maupun di pusat.

Lebih lanjut, La Ode Ahmad mengatakan bahwa Pulau Muna mempunyai banyak kekayaan alam yang tak kalah degan destinasi-destinasi wisata menawan hanya saja belum tereksplorasi secara luas.

“Pulau Muna juga memiliki banyak khasanah budaya yang layak jual dan berpotensi mendatangkan PAD serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat jika dikelola dengan baik,” ujar La Ode Ahmad yang juga merupakan putra asli Pulau Muna tersebut. Ormas memiliki tanggung-jawab moral untuk turut berperan serta mengawal dalam usaha peningkatan perekonomian rakyat.

Dalam sambutan pembuka acara, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Teguh Setyabudi dihadapan Forkompimda Kabupaten Muna mengatakan bahwa wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang 78% terdiri dari lautan sementara sisanya daratan, merupakan daerah yang memiliki potensi akan wisata alam, bahan tambang, perikanan dan pertanian. Potensi ini harus dimanfaatkan agar Provinsi Sultra bisa menjadi masa depan Indonesia.

Selanjutnya, Bupati Muna L.M. Rusman.Emba, ST menyampaikan sambutan selamat datang dan mengapresiasi kedatangan Bapak PJ Gubernur ke Kabupaten Muna. Rusman mengatakan bahwa fokus pembangunan di Provinsi Sultra jangan hanya di Kota Kendari, namun di daerah-daerah lain juga perlu diperhatikan. Di Kabupaten Muna, misalnya, masih banyak infrastruktur yang perlu dibangun agar mempermudah akses bagi masyarakat lokal maupun wisatawan untuk datang ke Muna. Rusman juga mengatakan bahwa hubungan antara Pemerintah Kabupaten Muna dan Ormas di Muna cukup harmonis dan saling mendukung dalam pembangunan.

Kegiatan ini berjalan dengan baik yang diikuti Ormas se Pulau Muna dan aparat Pemda serta tokoh masyarakat di Pulau muna.

sumber : kesbang.com

Comments are closed.

Close Search Window