Berita|

Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Ormas Bagi Organisasi Pemuda Pancasila di Kantor BPSDM Kemendagri Jakarta pada Sabtu (5/5/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan didampingi Sesditjen Polpum Kemendagri, Didi Sudiana, Direktur Politik Dalam Negeri, Bahtiar, Direktur Organisasi Kemasyarakatan, La Ode Ahmad, dan Direktur Kewaspadaan Nasional, Akbar Ali.

Dari pengurus MPN Pemuda Pancasila hadir, Wakil Ketua Umum II Syahyan Asmara, dan Endi Harwe, Pengurus Bidang  Usaha dan Dana, Sekertaris PPW DKI Pemuda Pancasila, Embay Supriyanto, Ketua Srikandi PP DKI, Efa Mustika serta jajaran pengurus MPW DKI dan Satuan Pelajar dan Mahasiwa (SAPMA) PP DKI.

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan bahwa dirinya sengaja mengenakan jaket Pemuda Pancasila karena dirinya telah menjadi anggota Pemuda Pancasila pada Tahun 1987.

“Pemuda Pancasila sebagai Organisasi yang bertujuan mendukung tetap tegaknya Pancasila harus menjadi garda terdepan dalam mempertahankan NKRI,” ujar Mendagri.

Menurut Mendagri, ada tiga tantangan nyata bagi bangsa ini ke depannya, yaitu masalah Radikalisme, Narkoba, dan Korupsi. Pemuda Pancasila sebagai Ormas pembawa panji Pancasila harus bisa menjabarkan nilai-nilai Pancasila dan menyebarkan nilai-nilai ini kepada masyarakat.

“Pemuda Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari organisasi masyarakat (ormas) untuk pendukung kemerdekaan Indonesia. PP, kata dia, mempunyai komitmen dalam upaya mendukung tetap tegaknya kemerdekaan, tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tetap tegaknya Pancasila,” tutur Mendagri yang pada kesempatan itu memakai baju loreng Pemuda Pancasila dan telah menjadi anggota sejak tahun 1987.

Terkait tantangan itu, Pemuda Pancasila harus menjadi garga terdepandalam melawan masalah radikalisme dan terorisme yang ujungnya ingin mengganti ideologi Pancasila, mengubah undang-undang Dasar 1945, merusak NKRI dan ingin memporak-porandakan kemajemukan bangsa ini. Ini tantangan yang dihadapi oleh bangsa,” pungkas Tjahjo. 

sumber : kesbang.com

Comments are closed.

Close Search Window