Berita|

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta semua pihak menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas uji materi Pasal 169 huruf n UU Pemilu yang mempersoalkan pembatasan jabatan wakil presiden (Wapres) untuk bisa maju lagi dalam pemilihan presiden sebagai calon Wapres.

Biarkan MK membuat putusan yang terbaik atas gugatan ini. “Daripada jadi polemik yang bisa memicu kegaduhan, lebih baik semua pihak menunggu saja keputusan MK sebab gugatan itu telah dilayangkan ke mahkamah. Saya pikir MK akan berlaku bijak dalam memutuskan perkara permohonan uji materi UU Pemilu,” kata Tjahjo, di Jakarta, Minggu (22/7).

Uji materi terhadap Pasal 169 huruf n UU Pemilu yang mempersoalkan pembatasan jabatan Wapres untuk bisa maju lagi dalam pemilihan presiden sebagai calon Wapres menjadi polemik. Pro kontra terjadi terlebih setelah Wapres Jusuf Kalla mengajukan sebagai pihak terkait dalam uji tersebut. Menurut Tjahjo, ada perbedaan pandangan dalam menafsirkan soal dua periode masa jabatan Wapres yang termuat dalam UU Pemilu.

Ini masih berbagai argumentasi, sepuluh sarjana hukum bisa seratus pendapat. Terkait adanya kritikan langkah Kalla menjadi pihak terkait ini bisa menghambat regenerasi kepemimpinan, Mendagri minta agar semua pihak memandangnya dengan jernih.

sumber : koran-jakarta.com

Comments are closed.

Close Search Window