Berita|

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memantau langsung pelaksanaan Pilkada Jateng 2018. 
Bersama rombongan, Mendagri memantau pemungutan suara di TPS 04 yang terletak di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak, Rabu (27/6/2018). 
Di TPS 04, Tjahjo mengecek kesiapan panitia pemungutan suara termasuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut.
Sebelum bertolak ke Demak, Tjahjo pulang ke rumahnya di Kelurahan Mlatiharjo, Semarang. 
Di Mlatiharjo, Tjahjo mencabut hak pilihnya di Pilkada Jateng lantaran sudah menjadi warga Jakarta. 
“Secara umum, pelaksanaan Pilkada berjalan lancar. Sejauh ini belum ada laporan terkait pelanggaran selama pemungutan suara, ” kata Menteri Tjahjo. 
Terkait partisipasi pemilih, menurut Tjahjo, banyak warga seperti Jateng , NTT, NTB dan Jabar, yang tidak ikut mencoblos karena bekerja di luar negeri. 
Selain itu, juga masih banyak pemilih remaja yang memasuki usia dewasa namun tidak proaktif terkait DPT. Sehingga mereka kehilangan hak suaranya. 
“Tahun ini, remaja masuk ke dewasa banyak yang belum masuk DPT. Yang remaja ini, sulit untuk proaktif,walaupun data mereka di Dindukcapil ada. Yang proaktiflah yang masuk DPT, ” ujarnya. 
Dalam kunjungannya di Demak, Tjahjo disambut Bupati Demak M Natsir, Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 
Sebelum melanjutkan perjalanannya, Tahjo berziarah ke Makam Sunan Kalijaga yang terletak tak jauh dari TPS 04 Kadilangu. 

sumber : kompas.com

Comments are closed.

Close Search Window