Berita|

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 siap dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Terdapat 171 daerah yang menggelar pilkada, terdiri atas 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

“Pilkada serentak sudah siap. Baik anggarannya, pengamanannya, tahapannya, identifikasi masalahnya,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo seusai menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Selasa (20/2).

Dia mengungkapkan, seluruh pemerintah daerah (pemda) di 171 daerah telah melunasi dan menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk penyelenggara dan pengawasan pilkada. “Anggaran keamanan juga clear (selesai). Hari ini semua sudah menyerahkan anggaran,” ungkapnya.

Pada Mei 2018, menurutnya, pemerintah kembali akan mengundang 171 daerah yang menggelar pilkada. “Langsung mendapatkan penjelasan dari Pak Kapolri, area-area final mana yang masih rawan. Lalu dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu),” ujarnya.

Sebelumnya, dalam paparannya pada rakornas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Asman Abnur menyatakan, regulasi terkait sanksi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tak netral tengah disusun. Pada akhir Februari, payung hukum berupa peraturan menpan (permenpan) itu ditargetkan rampung.

sumber : beritasatu.com

Comments are closed.

Close Search Window