Berita|

Selain sebagai sarana aktifitas keagamaan, keberadaan rumah ibadah juga sangat penting sebagai wadah untuk mempersatukan umat beragama. Tempat ibadah seperti masjid, gereja, pura, dan wihara sangat efektif digunakan untuk menebar pesan kedamaian.

“Dalam Al Qur’an disebutkan juga bahwa masjid itu hanya milik Allah, maka segala macam kegiatan di dalamnya hanya boleh untuk kepentingan agama. Masjid tidak boleh digunakan untuk kegiatan yang bertentangan dengan ajarannya. Sebagai pencipta, Allah menghendaki agar umatnya menjadi umat yang cinta damai serta umat yang saling tolong-menolong dan dapat memperkokoh perdamaian,” kata Ketua Umum Ikatan Da’i Indonesia (IKADI), KH Ahmad Satori Ismail di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Satori sangat menyayangkan bila rumah ibadah justru dijadikan alat untuk memecah-belah persatuan masyarakat. Dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai pemanfaatan sarana ibadah untuk tempat penyebaran provokasi terhadap umat untuk saling membenci, apalagi melakukan tindakan kekerasan terhadap yang berbeda.

“Kegiatan yang diadakan haruslah dapat menguatkan umat untuk bersatu,” kata Satori.

Keberadaan rumah ibadah, lanjutnya, memang memerlukan aturan, termasuk aktifitas di dalamnya. Namun, aturan itu tidak perlu langsung mengatur secara detil materi yang akan disampaikan dalam aktifitas keagamaan. Pemerintah, sebaiknya tidak berbicara masalah materi ceramahnya, tetapi berbicara masalah aturan agar tidak saling menjelekkan, menghina, menyinggung SARA, dan lain sebagainya.

Satori berharap rumah ibadah harus menjadi sarana untuk menyebarkan perdamaian dan merajut persatuan untuk harmonisasi masyarakat. Merawat persatuan dan menebar perdamaian merupakan salah satu perintah dan kewajiban umat beragama.

“Masjid adalah tempat untuk bersujud dan hanya untuk umat yang meminta pada Allah, bukan tempat untuk hamba yang menyembah selain kepada Allah. Masjid tempat untuk menjalankan semua perintah-Nya salah satunya membangkitkan kedamaian dalam berbangsa,” ujar Satori.

sumber : zonalima.com

Comments are closed.

Close Search Window