Berita|

SETELAH dilantik menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Papua, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo langsung terbang ke Papua. Bersama istri, Soedarmo menginjakkan kaki di Bandara Sentani, Jayapura, Selasa (27/2/2018) pagi sekitar pukul 06:25 WIB.

Kedatangan Soedarmo dan istri langsung disambut Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Babe Yan Pieter Yarangga. Selain itu, turut hadir Ketua I DAP Weynand Watori, Ketua DAP I wilayah Mamta Zadrak Taime, Sekretaris Adat Mamta Irenius Pepuho, dan Kabid Kerohanian DAP Mamta Ondo Abihud Yakadewa. Acara penyambutan diiringi tari-tarian dan tifa.

Sesaat turun dari pesawat, Soedarmo diarahkan untuk menginjakkan kaki di piring batu sebagai tanda selamat datang di Bumi Cenderawasih.

“Pjs.Gubernur Papua Soedarmo dan Ibu telah diterima sebagai warga masyarakat Papua. Dan beliau diterima langsung oleh Ketua Dewan Adat Papua sebagai represetansi seluruh masyarakat adat di Papua,” kata Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Direktorat Jenderal (Ditjen) Polpum Kemendagri, Dr. Drs. Bahtiar, M.Si kepada wartawan, Selasa (27/2/2018).

Selanjutnya, Soedarmo dan istri mengikuti prosesi adat penyambutan, mulai dari pengalungan bunga selamat datang dan noken, serta ikat kepala dari bulu Kasuari.

Di ruang VIP, Soedarmo dan istri disambut oleh Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri, sejumlah kepala dan sekretaris OPD di antaranya Sekretaris Dinas Kesehatan dr Silwanus Sumule, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismiliyanto dan pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Soedarmo sebagai Pjs Gubernur Papua menggantikan posisi Gubernur Papua (non aktif) Lukas Enembe di Kantor Kemendagri Jakarta, Senin (26/2/2018). Selain melantik Pjs Gubernur Papua, Mendagri juga melantik Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Hadi Prabowo selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Kepala Biro Hukum Widodo Sigit Pudjianto sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BNPP, dan Wakil Rektor IPDN Reydonnyzar Moenek sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Staf Ahli Mendagri.

sumber : zonalima.com

Comments are closed.

Close Search Window