Berita|

Dari salah satu temuan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, tokoh agama adalah orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap masyarakat. Hal tersebut membuat efek pengaruh yang tinggi dan berpotensi mendongkrak elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Presiden-Wakil Presiden.

“Mayoritas masyarakat Indonesia mendengar himbauan dari tokoh agama. Saya bisa kasih penjelasan bahwa tokoh agama tidak hanya dilihat sebagai profesi, namun menjadi panutan publik karena itu posisi tokoh agama sangat dipercayai untuk didengar pendapatnya,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Musloman, di Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta, Rabu (14/11).

Ikrama mengungkapkan, berdasarkan survei LSI Denny JA, sebesar 51,7 persen masyarakat menyatakan bahwa mereka sangat mendengar himbauan tokoh agama, sedangkan profesinya lainnya seperti politisi, pengamat, pengusaha, dan akademisi kampus hanya dibawah 20 persen.

Berdasarkan kriteria yang dibuat LSI Denny JA, terdapat 5 tokoh agama yang paling berpengaruh, yaitu Ustad Abdul Somad (UAS), Ustad Arifin Ilham, Ustad Yusuf Mansur, Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

“Dari kelima tokoh tersebut, pengikut UAS dan Habib Rizieq cenderung memilih Prabowo- Sandi, sementara pengikut Arifin Ilham, Yusuf Mansur, dan Aa Gym lebih condong memilih Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

Selain kelima tokoh tersebut, kata Ikrama, terdapat tokoh-tokoh lain yang memiliki pengaruh di masyarakat meskipun tidak sebesar yang disebutkan di atas. Seperti Din Syamsuddin, Salahudin Wahid, Bachtiar Nasir, Said Aqil Sirodj, Mustofa Bisri, dan lain-lain.

“Jika ditotal, Jokowi-Ma’ruf menang pada pemilih yang mendengar himbauan ulama dengan pemilih sebanyak 58,7 persen, sedangkan 29,3 persen menyatakan akan memilih Prabowo-Sandi,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, menganggap hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agamis dan masih mempercayai dan meyakini pentingnya ulama.

Sementara itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengatakan bahwa Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno adalah Paslon pilihan ulama. Selain itu, Prabowo-Sandi selalu bersilaturahim dengan ulama.

“Insya Allah ulama, kyai, dan habib mendukung Prabowo. Kita sudah on the track dalam mendekati ulama, sekarang banyak juga keluarga pendiri NU. Selain itu, intinya tentu kita akan merangkul ulama dan habib yang bergabung di persaudaraan alumni 212,” ujarnya.

sumber : koran-jakarta.com

Comments are closed.

Close Search Window