Berita|

Dalam rangka apresiasi terhadap peran Organisasi Kemasyarakatan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum mengadakan Acara Ormas Award tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra Jakarta, 25 November 2019. Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri H.M. Tito Karnavian mengatakan bahwa peran Ormas sangat penting sebagai Check and Balances jalannya pemerintahan suatu Negara. Tentunya berbagai masukan maupun kritik yang disampaikan oleh Ormas bertujuan agar mengingatkan agar jalannya pemerintahan sesuai dengan koridor yang berlaku.

Namun selain menyampaikan kritik dan masukan, Ormas juga dituntut untuk dapat adaptif dengan perkembangan zaman serta mampu berkolaborasi dengan Pemerintah untuk menjawab tantangan kedepan. Sebagai contoh dalam membangun sistem demokrasi yang lebih matang, tentunya perlu ada kajian yang mendalam terhadap residu yang timbul akibat Pilkada langsung di daerah dan hal tersebut dapat dilakukan oleh Ormas guna menjaga independensi hasil kajian tersebut.

Menteri Dalam Negeri juga menambahkan bahwa Independensi merupakan hal yang sangat penting bagi Ormas, karena hal tersebut dapat membantu Pemerintah untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan-tujuan dari Pemerintah. Oleh karenanya pembinaan terhadap Ormas perlu pendekatan yang berbeda, dalam artian perlu adanya pengklasteran terhadap mana saja Ormas yang dianggap dapat berkolaborasi dengan pemerintah karena Independen, mandiri dan mampu berkontribusi kepada masyarakat dan negara dan Ormas yang memerlukan pembinaan lebih dari Pemerintah.

Pada Kegiatan tersebut, Penghargaan diberikan kepada Ormas yang telah berkontribusi secara aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain :

Bidang Fokus Aktivis yaitu :

  1. Bidang Pendidikan (Selamat Pagi Indonesia)
  2. Bidang Pemberdayaan Perempuan (Perkumpulan Kapal Perempuan)
  3. Bidang Tata Kelola Pemerintahan (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi)
  4. Bidang Penanggulangan Bencana (Yayasan IDEP)
  5. Bidang Kebudayaan (Yayasan Kebudayaan Rancage)
  6. Bidang Kesehatan (Yayasan Thalassemia Indonesia)
  7. Bidang Lingkungan Hidup (Yayasan Pendidikan Konservasi Alam)
  8. Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat (Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra)

Pemerintah Daerah sebagai Pembina Ormas terbaik yaitu :

  1. Tingkat Provinsi (Provinsi Jawa Timur)
  2. Tingkat Kabupaten (Kabupaten Rejang Lebong)
  3. Tingkat Kota (Kota Palopo)

Penghargaan khusus Bakti Sepanjang Masa untuk Indonesia yaitu :

  1. Mathlaul Anwar
  2. Aisiyah
  3. Muslimat Nahdlatul Ulama
  4. Kongres Wanita Indonesia

Comments are closed.

Close Search Window