Berita|

Kemendagri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlyn Park Hotel Jakarta, Rabu 16/10/2019

Kegiatan ini diikuti oleh OPD Kesbangpol seluruh Indonesia, yang berjumlah 700 orang peserta.

Kegiatan diawali oleh Laporan Pembukaan Panitia oleh Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum dan dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Menteri Dalam Negeri sekaligus Membuka Acara Rapat Koordinasi Nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila.

Narasumber lain yang hadir dan turut memberikan masukan kebijakan diantaranya adalah Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Ibu Dr. Rima Agristina, SH., SE., MM., Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemendikbud Bapak Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc., Ph.D Dan Sestama BNPT Bapak Marsekal Muda TNI Dr. A. Adang Supriyadi.

Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum dalam sambutanya menyampaikan bahwa Rakornas ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kementerian Dalam Negeri dengan Badan Pengembangan Ideologi Pancasila tanggal 20 Mei 2019 tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila. Diharapkan Rapat ini menjadi titik awal dalam upaya Kementerian Dalam Negeri Bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Pembumian Pancasila.

Selain itu dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa rapat ini juga merupakan momentum penguatan jajaran Kesbangpol seluruh Indonesia dalam rangka mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sedangkan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam sambutannya juga menyampaikan harapannya dengan pembumian nilai-nilai Pancasila diharapkan agar Pancasila tidak hanya sebatas pada nilai-nilai filosofis semata, namun juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

Comments are closed.

Close Search Window